Label

Minggu, 12 Mei 2013

RPP Menyantuni Kaum Dhuafa



RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
( RPP)

Nama Madrasah              :      MA Ittihadul Ulum
Mata Pelajaran                 :      Al-Qur’an Hadits
Kelas / Semester             :      X/ Genap
Alokasi Waktu                  :      2 X 35 Menit
Standar Kompetensi        :     Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan al-Hadis tentang pola     hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa
Kompetansi Dasar           :     Menerapkan prilaku hidup sederhana dan menyantuni kaum dhuafa QS al-Qashash: 79-82;  QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa
C.   Indikator
1.     Membiasakan menyantuni kerabat, orang miskin dan ibnu sabil
2.    Berakhlak mulia terhadap kerabat, anak yatim, orang miskin, ibnu sabil, orang yang meminta-minta dan riqab
3.     Menunjukan sikap peduli dan menyatuni kaum dhu’afa.
D.   Tujuan Pembelajaran
Setelah menjalani proses pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1.      Membiasakan menyantuni kerabat, orang miskin dan ibnu sabil
2.     Berakhlak mulia terhadap kerabat, anak yatim, orang miskin, ibnu sabil, orang yang meminta-minta dan riqab.
3.      Memberikan contoh bagaimana cara menyantuni kaum dhuafa
4.     Dapat mengamalkan perilaku menyantuni kaum dhuafa dalam kehidupan sehari-hari.
E.    Karakter Siswa yang Diharapkan
Religius, tanggung jawab, peduli sosial, bersahabat/komunikatif
F.    Materi Ajar
1.         QS al-Baqarah : 177
2.         Kandungan al Qur’an surat QS al-Baqarah : 177
3.         Pengertian kaum dhuafa
4.         Pengertian menyantuni kaum dhuafa
5.         Menganalisis perilaku menyantuni kaum dhuafa.
G.   Metode dan Model Pembelajaran
v  Model: Debate
v  Metode
1.        Ceramah bervariasi.
2.        Diskusi kelompok.
3.        Tanya jawab
H.   Kegiatan Pembelajaran
       Kegiatan Awal
1.  Mengucap salam, mengecek kehadiran siswa dan mengkondisikan untuk siap belajar.
2.     Memulai pembelajaran dengan mengucapkan Basmallah.
3.      Apersepsi
       Kegiatan Inti
Eksplorasi.
1.         Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
-       Menampilkan gambar-gambar yang berkaitan dengan kaum dhuafa.
-       Pernahkah kalian mendengar orang lain berbicara tentang kaum dhuafa ?
-       Siapakah diantara kalian yang mengerti tentang arti kaum dhuafa ?
-       Pernahkah kalian menyantuni kaum dhuafa ?
2.         Membaca dan mengartikan QS al-Baqarah : 177
Elaborasi
1.     Kembangkan sebuah pertanyaan yang kontroversial yang berkaitan dengan materi pembelajaran (contohnya” Perlukah kaum dhu’afa disantuni?“)
2.      Bagi kelas dalam dua tim, satu kelompok yang “pro” dan kelompok yang “kontra”,
3.      Siapkan dua sampai empat kursi  untuk para juru bicara pada kelompok ”pro” dan jumlah kursi yang sama untuk kelompok “kontra”. Siswa yang lain duduk dibelakang para juru bicara. Mulailah debat dengan para juru bicara mempresentasikan pandangan mereka. Proses ini disebut argumen pembuka.
4.     Setelah mendengarkan argumen pembuka, hentikan debat dan kembali kelompok. Setiap kelompok untuk mempersiapkan argumen mengkaunter argumen pembuka dari kelompok lawan. Setiap kelompok memilih juru bicara, usahakan yang baru.
5.      Lanjutkan kembali debat. Juru bicara yang saling berhadapan diminta untuk memberikan kaunter argumen. Ketika debat berlangsung, peserta yang lain didorong untuk memberikan catatan yang berisi usulan argumen atau bantahan. Minta mereka untuk bersorak atau bertepuk tangan untuk masing-masing argumen dari para wakil kelompok.
6.     Pada saat yang tepat akhiri debat. Tidak perlu menentukan kelompok mana yang menang, buatlah kelas melingkar. Pastikan bahwa kelas terintegrasi dengan meminta mereka duduk berdampingan dengan mereka yang berada di kelompok lawan. Diskusikan apa yang siswa pelajari dari pengalaman debat tersebut. Minta siswa untuk mengidentifikasi argumen yang paling baik menurut mereka.
Konfirmasi
1.         Memberikan penguatan.
2.         Membimbing merumuskan kesimpulan akhir.
Kegiatan Penutup
1.         Penilaian hasil belajar.
2.         Menginformasikan kompetensi berikutnya.
3.         Menutup pelajaran dengan hamdallah dan mengucap salam.
I. Media dan Sumber Belajar
1.        Al Quran.
2.        Bahan ajar, power point
3.        Buku pelajaran yang relevan.



J. Sistem Penilaian
a.              Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
No

Item Soal

Bobot

Catatan

01
Apa yang harus kita lakukan terhadap kaum dhuafa ?

20

02
Berikan contoh tindakan menyantuni kaum dhuafa !
20

03
Bagaimana sikap kita jika ada kaum dhuafa yang meminta bantuan sementara kita tidak mempunyai cukup uang untuk membantunya?

20

04
Dalil tentang menyantuni kaum dhuafa diantaranya terdapat dalam Surat al Baqoroh ayat berapa?

20

05
Bagaimana agar  perilaku menyantuni kaum dhuafa dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ?

20


a.         Afektif [ Pengamatan Minat dan Sikap]
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian Afektif
Jml
Skor
Nilai
Catatan
Respon
Disiplin
Kerja
sama
Tuntas Tugas
01








02








03









b.         Psikomotorik [Unjuk Kerja]
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian Psikomotorik
Jml
Skor
Nilai
Catatan
Guru
Penguasaan
Sistematika
Kecakapan
Mutu Karya
01








02








03











Guru Pamong


Hj.NURLAILAH, S.Pd.I
Lubuklinggau, 11 Pebruari 2013
Mahasiswa PPL,


MUSTOLIH